Kamis, 31 Mei 2012

Latihan Kepemimpinan ITB 2012 #DAY4 #3

Pembicara : Zulkifli Zaini



Zulkifli Zaini lahir pada 1956. Lulus dengan gelar BSc dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1980 dan MBA di bidang Keuangan dari Universitas Washington pada tahun 1994. Dia mulai bekerja sebagai Engineer Sipil dan Struktural di Wiratman dan Associates pada tahun 1980. Ia memulai pada karir perbankan sebagai Account Officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) pada tahun 1988.
Setelah menerima gelar Master, ia ditunjuk sebagai Staf Perbankan dan Jasa Keuangan di Bapindo, Jakarta pada tahun 1994. Di tahun ini juga ia adalah Kepala Keuangan Proyek di Bapindo's Cabang Surabaya dan pada 1996 ia diangkat sebagai Deputi Manager Cabang dan pada tahun 1998 ia dipromosikan menjadi Manager Cabang di cabang Jambi. Setelah merger Bank Mandiri, beliau menjabat sebagai Senior Manager singkat dan Team Leader dalam Manajemen Risiko Kredit.
Pada awal tahun 2003, ia menjadi Senior Vice President dan Kepala Divisi, Ritel Manajemen Risiko, dan pada bulan September 2003 ia ditunjuk menjadi Managing Director dan Senior Executive Vice President, Jaringan Distribusi, dengan tanggung jawab untuk Cabang, Operasi, Pengadaan dan Aset Manajemen.
Pada bulan Juni 2006, beliau diangkat sebagai Direktur Komersial Perbankan, bertanggung jawab untuk Commercial Banking Segmen Bisnis, Manajemen Produk Grosir dan juga mengawasi Bank Syariah Mandiri.   
Pada tanggal 5 Juli 2010, ia diangkat sebagai Presiden Direktur Bank Mandiri.

Tidak ada komentar: