Selasa, 25 Maret 2014

Fakta Tidur

Hello friends.
Minggu kemarin ini saya tidur dari jam 12 malam sampe jam 10 pagi (bangun untuk solat aja), dan ke kampus, terus sampe kosan lagi jam 2 siang. Hmm, gatau kenapa rasanya ingin tidur lagi. Dan saya tidur sampai jam 4. Malamnya, alih alih saya jadi ga bisa tidur, ternyata saya masih tidur nyenyak dari jam 11 sampe jam 4 pagi.

Melalui kuliah yang pernah saya pelajari tentang tidur, hmm kayanya yang saya paparkan diatas adalah capek featuring males aja. Karena hanya minggu yang membuat saya bisa tidur jauh lebih banyak dibandingkan hari yang lain. Harapannya sih senin-sabtu saya sudah bugar kembali. Eh hari senin malah berharap bisa punya waktu tidur kaya minggu. Akhirnya bangun siang dan sembari ngambil laporan praktikum yang ketinggalan dikosan, saya sempet-sempetnya tidur siang -_-

Terdapat 2 fase dalam tidur yaitu REM dan NREM. Pada fase ini REM, jika kelopak matanya kita buka, mata yang sedang tidur di fase REM ini akan bergerak-gerak. Fase kedua yaitu NREM atau Non Rapid Eye Movement.

Fase kedalaman tidur sendiri ada 4 tahap. Tahap 1 itu tahap awal menjelang tidur dan tahap akhir menjelang bangun tidr. Tahap 2 ini tidur mulai lebih dalam kemudian lanjut ke tahap 3 dan akhirnya tahap 4, yaitu tahap yang paling dalam. Sebenarnya waktu dalam tidur kita di tahap 4 ini hanya 2 jam saja. Keempat tahap ini menjadi sebuah siklus dalm setiap tidur manusia seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini.

Siklus Tidur

Ketika teman-teman bangun tidur dan pusing, biasanya karena kaget, tahap ini tidak berjalan mulus. Bisa jadi ada tahapan yang terlewati sebelum akhirnya bangun.

Fase REM yang ditunjukkan oleh warna merah itu adalah waktu kita bermimpi. Gelombang pada otak mengalami kecepatan yang cukup tinggi. Pernah kan merasa mimpinya loncat kesana kemari, nah ini karena siklusnya memang seperti ini dan kita tidak menyadarinya. Otot dalam keadaan rileks, napas cepat, detak jantung meningkat, itu akan terjadi di fase ini.

Ingin punya tidur singkat dan efektif?

1. Bangun Motivasi
Percuma jika teman teman sudah browsing tentang tidur singkat dan efektif jika tidak ada keinginan dari teman teman sendiri
2. Kenali Pola Tidurmu
Nah, sudah tau nih kalo tidur terlalu malam tidak baik untuk regenerasi kulit dan detoksifikasi racun oleh hati untuk dibuang ke empedu. Catat waktu baik untukmu tidur. Misalnya pukul 11-2, cukup.
3. Biasakan
Jika sudah tau pola tidur yang baik, biasakan. Jika belum mau biasa, coba lihat lagi poin 1. Say apernah dengar 21 hari itu cukup optimal untuk membentuk sebuah kebiasaan baru, mengapa tak dicoba?
4. Buat Lingkungan Kondusif
Caranya, pastikan kasurmu bersih. Spreinya bisa kalian sapu dulu pake sapu lidi khusus kasur. Pilih selimut yang paling nyaman dan matikan lampu kamar. Hormon melatonin dan serotonin yang disekresikan kelenjar endokrin untuk membantu proses tidur akan terhambat dikala terang. So, matikan lampu, pastikan gadgetmu pada mode sleep dan matikan TV.

Anggap saja waktu tidur kita adalah 8 jam/hari. Maka, dalam masa 50 tahun, waktu yang telah kita habiskan untuk tidur memakan waktu 146.000 jam atau sama dengan 16 tahun 7 bulan (dibulatkan 17 tahun). Betapa sia-sianya kita menghabiskan waktu selama 17 tahun hanya untuk tidur. Belum lagi ditambah ngegosip, main game, nonton TV dan.... dan.... dan.... (huft..)

Banyak loh figur terkenal yang tidur singkat dalam hidupnya. Seperti Mother Theresa, Napoleon Bonaparte, Thomas Eddison, Nikola Tesla, Leonardo Da Vinci, Bung Karno, Dahlan Iskan dll. Kurang produktif apa coba mereka? Andai Bung Karno tidurnya kebo, Indonesia Merdekanya kapan?
Thomas Edison
Sir Isaac Newton
Napoleon Bonaparte
Benjamin Franklin
Bahkan University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas menyebutkan orang yang tidur lebih dari 8 jam memiliki risiko kematian lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur kurang dari 7 jam dan tidur tidak lebih dari 4 jam tidak meningkatkan risiko kematian.

Jadi, tunggu apa lagi. Mau hidup kita habis dengan tidur?
Bangun dan Manfaatkan Waktu.

"There will be sleeping enough in the grave."
~ Benjamin Franklin

sumber:
-Slide Pak Sigit (Alm)
-http://amolife.com/personality/great-people-sleep-less.html
-https://www.facebook.com/notes/kata-kata-hikmah/mari-menata-ulang-pola-kehidupan-kita/10150339548595849

2 komentar:

Bagus mengatakan...


Nice post. Very good write-up.

UMJ Modern mengatakan...

thank you for nice information