Sabtu, 04 Januari 2014

Tips Memilih Presiden

 
Obrolan santai dimanapun kali ini, tak seksi rasanya jika tidak bicara tentang politik. Setidaknya bicara tentang siapakah yang pantas menduduki kursi presiden. Sebagai pemudi yang baru pertama kali berkesempatan untuk nyoblos rasanya ada tanggung jawab untuk memilih yang terbaik. Berikut tips memilih presiden –hasil obrolan meja makan-

1.     Tidak bermental penjajah
Akibat 350 tahun dijajah setidaknya oleh 4 generasi Belanda kemudian 3,5 tahun oleh Jepang, Bangsa Indonesia seharusnya sudah kenyang dijajah. Tapi Bapak-Bapak tua yang masih menghuni Senayan dan punya kekuasaan juga punya mental penjajah akibat pernah dididik ala penjajah. Emang gimana ciri orang yang bermental penjajah?. Ia rakus, berulang kali mencalonkan diri jadi presiden meskipun kalah terus, egois, tidak mawas diri, merasa paling benar dan pandangannya tertutup.

2.       Open minded
Ingat tidak waktu Indonesia merdeka? Nah itu akibat desakan dari pemuda. Ia tidak ada urusannya dengan Belanda, yang dia inginkan adalah merdeka. Tidak ada kepentingan apa apa yang penting Indonesia Merdeka harga mati. Mereka inilah yang pikirannya terbuka karena tidak tertutup kepentingan yang sudah terlanjur dinikmati.

3.       Berani
Cari calon presiden yang banyak janjinya. Realistis dan ada konsekuensi terhadap suatu pelanggaran. Ingat tidak ketika pemimpin Cina ingin menghukum mati semua koruptor? Ia memesan 100 peti mati dan sisakan 1 untuknya jika ia korupsi. Nah itu dia pemberani namanya. Kalau belum berani seperti itu setidaknya jika ada dipartainya yang korupsi langsung pecat apa kek gitu yang mampu dilakukannya saat ini.

4.       Integritas dan Komitmen
Sulit memisahkan 2 sifat ini. Kalau belum tau seperti apa cari lah di google bagaimana track record nya. Jika ada record buruk jangan langsung dihakimi juga siapa tau dia sudah memperbaiki diri berapa tahun belakangan ini. Tapi kalau record buruknya sudah tidak bisa dimaafkan seperti menenggelamkan pemukiman sejumlah kecamatan karena kelalaiannya ya terserah anda hehe.

5.       Kekuatan politik
Kekuatan politik juga penting untuk memilih seorang calon presiden. paakah dia datang dari partai yang banyak musuhnya? Apakah ia kuat karena figurnya seperti Jokowi? Apakah ia kuat karena uangnya? Lihatlah ia punya kekuatan dimana. Google pasti punya jawabannya.

Sekian dulu 5 ciri presiden ideal yang bisa kita pilih. Ingatlah bahwa tulisan ini tidak ada maksud untuk menyudutkan calon, hanya suara rakyat biasa yang ingin meningkatkan ilmu agar yang dicoblos sesuai dengan harapan bangsa bukan karena serangan fajar. Yuk ah, yang muda juga mau melek politik J

Tidak ada komentar: